MUTIARA HATI SABDA NABI SAW

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah, Rabb seru sekalian alam, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang Merajai pd hari pembalasan. Sholawat dan salam semoga tercurah kpd Nabi akhir zaman, da’i yg menunjukkan kpd jalan yg lurus, yg menerangkan kpd umat manusia wahyu yg diturunkan kpd mereka, dan sosok teladan terbaik bagi segenap umat manusia. Amma ba’du.

DAKWAH, MULAI DARI MANA?
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan dlm Shohihnya, Abu ‘Ashim ad-Dhahhak bin Mukhallad menuturkan kpd kami dari Zakariya bin Ishaq dari yahya bin Abdullah bin Shaifi dari Abu Ma’bad dari Ibnu Abbas r.a bahwa Nabi SAW suatu saat mengutus Mu’adz r.a menuju Yaman, maka beliau berpesan, “Ajaklah mereka kpd syahadat laa ilaaha illallaah dan bersaksi bahwa aku adalah utusan Allah. Kemudian apabila mereka telah menaatinya maka beritahukanlah kpd mereka bahwa Allah MEWAJIBKAN kpd mereka mengerjakan SHALAT 5 waktu pd setiap sehari semalam. Kemudian apabila mereka telah menaatinya maka beritahukanlah kpd mereka bahwa Allah juga mewajibkan kpd mereka SEDEKAH/ZAKAT dlm harta mereka yg diambil dr org-org kaya mereka dan diberikan kpd org-org miskin di antara mereka.” (HR. Bukhari)

DUNIA INI TIDAK ADA APA-APANYA
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dlm Shahihnya : Amr an-Naqid menuturkan kpd kami. Dia berkata; Yazid bin Harun menuturkan kpd kami. Dia berkata; Hammad bin Salamah memberitakan kpd kami dari Tsabit al-Bunani dari Anas bin Malik, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari kiamat nanti AKAN DIDATANGKAN PENDUDUK NERAKA YG KETIKA DIDUNIA ADALAH ORANG YG PALING MERASAKAN KESENANGAN DISANA. Kemudian dia DICELUPKAN di dalam neraka sekali celupan, lantas ditanyakan kpdnya, ‘Wahai anak Adam, apakah kamu pernah melihat kebaikan sebelum ini? Apakah kamu pernah merasakan kenikmatan sebelum ini?’. Maka dia menjawab, ‘Demi Allah, belum pernah wahai Rabbku!’. Dan didatangkan pula seorang penduduk surga yang ketika di dunia merupakan ORANG YG PALING MERASAKAN KESUSAHAN di sana kemudian dia dicelupkan ke dalam surga satu kali celupan. Lalu ditanyakan kpdnya, ‘Wahai anak Adam, apakah kamu pernah melihat kesusahan sebelum ini? Apakah kamu pernah merasakan kesusahan sebelum ini?’. Maka dia menjawab, ‘Demi Allah, belum pernah wahai Rabbku, aku belum pernah merasakan kesusahan barang sedikit pun. Dan aku juga tidak pernah melihat kesulitan sama sekali.’.” (HR. Muslim)

SAMPAI KAPAN KAU AKAN JERA?
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan dlm Shahihnya Abu ‘Ashim menuturkan kpd kami dari Ibnu Juraij dari Atha’, dia berkata; Aku mendengar Ibnu ‘Abbas r.a. Dia berkata; Aku mendengar Nabi SAW bersabda, “Seandainya anak keturunan Adam memiliki dua lembah harta niscaya dia masih akan mencari yg ketiga. Dan tdk akan pernah menyumbat rongga anak Adam selain tanah, dan Allah menerima taubat bagi siapa pun yg mau bertaubat.” (HR. Bukhari)

MEMESAN RUMAH DI SURGA
Imam Abu Dawud rahimahullah meriwayatkan dlm Sunannya : Muhammad bin Utsman ad-Dimasyqi Abu al-Jamahir menuturkan kpd kami. Dia berkata; Abu Ka’b Ayyub bin Muhammad as-Sa’di menuturkan kpd kami. Dia berkata; Sulaiman bin Habib al-Muharibi menuturkan kpdku dari Abu Umamah, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, “AKU AKAN MENJAMIN sebuah rumah di dasar surga bagi org yg MENINGGALKAN DEBAT MESKIPUN dia berada dalam pihak yg benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi org yg MENINGGALKAN DUSTA meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang MEMBAGUSKAN AHLAKNYA.” (HR. Abu Dawud. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah)

KALAU PERLU MERANGKAK !!
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan dlm Shahihnya : Abdullah bin Yusuf menuturkan kpd kami. Dia berkata; Malik mengabarkan kpd kami dari Sumay bekas budak Abu Bakar dari Abu Shalih dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya org-org itu mengetahui keutamaan yg terdapat pd mengumandangkan adzan dan berada di shaf yg pertama lalu ternyata apabila mereka tdk bisa mendapatkan hal itu kecuali dgn mengundi dgn anak panah niscaya mereka pun akan mau mengundi untuk memperolehnya. Dan kalau seandainya mereka mengetahui keutamaan bergegas menuju shalat niscaya mereka pun akan berlomba mendatanginya. Dan seandainya mereka (kaum lelaki) mengetahui keutamaan yg terdapat pd shalat ‘Isyak dan Subuh (berjama’ah di masjid, pen) niscaya mereka akan mau mendatanginya meskipun harus dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari).

UCAPAN YG PALING DICINTAI ALLAH
Imam Muslim meriwayatkan di dalam Shahihnya; Abu Bakr bin Abi Syaibah menuturkan kpd kami; Yahya bin Bukair menuturkan kpd kami dari Syu’bah dari al-Jurairi dari Abu Abdillah al-Jisri dari ‘Anazah dari Abdullah bin Shamit dari Abu Dzar r.a, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku beritahukan kpdmu ucapan yg paling dicintai oleh Allah?”. Maka aku katakan, “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kpdku ucapan yg paling dicintai Allah itu.” Beliau pun menjawab, “Sesungguhnya ucapan yg paling dicintai Allah adalah ‘Subhanallahi wa bihamdih’ (Maha suci Allah dan dgn memuji kpd-Nya).” (HR. Muslim)

MALU BAGIAN DARI IMAN
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan dlm Shahihnya : Abdullah bin Yusuf menuturkan kpd kami. Dia berkata; Malik bin Anas mengabarkan kpd kami dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah dari ayahnya bahwa Rasulullah SAW pernah melewati salah seorang lelaki dari kaum Anshar sedang menasehati saudaranya karena rasa malu yg ada pd orang itu, maka Rasulullah SAW bersabda, “Biarkanlah dia, sesungguhnya rasa malu itu adalah bagian dari iman.” (HR. Bukhari)

JALAN MENUJU SURGA
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahihnya Dari Abu Hurairah r.a, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yg menghilangkan kesulitan hidup yg dialami oleh seorang mukmin di dunia NISCAYA ALLAH AKAN LEPASKAN darinya beban kesulitan hidup pada hari kiamat. Barangsiapa yg memberikan keringanan bagi orang yg kesulitan melunasi hutang maka ALLAH AKAN RINGANKAN BEBANNYA di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yg menutupi keburukan seorang muslim maka ALLAH AKAN MENUTUPI KEBURUKANNYA di dunia dan di akhirat. ALLAH AKAN SENANTIASA MENOLONG SEORANG HAMBA selama dia mau menolong saudaranya. Barangsiapa yg menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka ALLAH AKAN MUDAHKAN baginya jalan menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam salah satu rumah Allah dgn membaca Kitabullah di dalamnya dan saling mempelajarinya di antara mereka melainkan AKAN TURUN kpd mereka KETENANGAN dan KASIH SAYANG akan meliputi mereka serta para malaikat akan meliputi mereka, Allah juga akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat yg ada di sisi-Nya. Barangsiapa yg lambat amalnya maka tingginya garis keturunannya tdk bisa mempercepat pahala amalnya.” (HR. Muslim)

MUKMIN, MUJAHID, dan MUHAJIR
Imam Ahmad bin Hanbal -imam Ahlus Sunnah- rahimahullah meriwayatkan dlm Musnad Fadhalah bin Ubaid al-Anshari r,a : Ali bin Ishaq menuturkan kpd kami. Dia berkata; Abdullah menuturkan kpd kami. Dia berkata; Laits mengabarkan kpd kami. Dia berkata; Abu Hani’ al-Khalulani memberitakan kpd saya dari Amr bin Malik al-Janbi, dia berkata; Fadhalah bin Ubaid menuturkan kpd saya. Dia berkata; Rasulullah SAW bersabda ketika haji perpisahan, “Aku akan kabarkan kpd kalian bahwa sosok mukmin yg sejati itu adalah seorang muslim yg org lain bisa merasa aman dari gangguannya dlm hal harta dan diri mereka. Sedangkan seorang muslim yg sejati adalah org yg org lain bisa selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Adapun seorang mujahid adalah org yg bersungguh-sungguh dlm menundukkan hawa nafsunya dlm melaksanakan ketaatan kpd Allah. Dan seorang muhajir/org yg berhijrah adalah org yg meninggalkan kesalahan dan dosa-dosa.” (HR. Ahmad disahihkan sanadnya oleh Syaikh al-Albani dalam as-Shahihah).

Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-hamba yg taat kpd Allah dan rasul-Nya dan membersihkan semua ketergantungan hati kita dari segala sesembahan selain-Nya. Yg dgn itulah maka hidup kita akan menjadi berarti, bukan sekedar membuat hidup mjd lebih hidup, namun membuat orang benar-benar hidup. Itulah yg kita inginkan. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Di Edit oleh MHC, Ditulis Oleh Abu Muslih, Semoga Allah mecurahkan kasih sayang yg begitu indah kepada beliau-beliau selama di dunia dan kelak di hari yg dijanjikanNya serta kita yg membaca dan tergerak hatinya untuk mulai merubah diri.Amin Ya Syakuur)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian MUATABAH

Anatomi Daun

Jaringan Penyokong