Tips-tips Menghindari Penipuan Online
JIKA ANDA PERNAH MEMPEROLEH PENGALAMAN BURUK DENGAN TOKO ONLINE, SILAHKAN MELAPORKANNYA DI GROUP INI:
Polisi Toko OnLine ™ │ Komunitas OnLine Store Bersih Facebook │
http://www.facebook.com/pages/Polisi-Toko-OnLine-TM-Komunitas-OnLine-Store-Bersih-Facebook-/130454336996402?v=wall
Tips-tips Menghindari Penipuan Online
Bagi Pembeli terhadap Penjual (Khusus Pembeli) :
- Lihat tampilan site apakah terlihat profesional, serius atau tidak
(terlepas dari hosting domain berbayar, parking DNS, hosting gratisan)
- Jika toko online berasal dari forum ataupun jejaring sosial, lihat hubungan CRM (Customer Relationship Managementnya) serta
terlepas dari hubungan CRM sebagai teman, sahabat sebenarnya (yang kenal dengan pemilik dari forum / jejaring sosial
seperti facebook, friendster, twitter, koprol, myspace, dll)
- kecepatan respon komunikasi serta feedback terhadap calon pembeli, pembeli dan pelanggan.
Dengan komunikasi yang baik dan cepat tanggap serta memberikan konsultasi dan solusi yang
terbaik dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sebelum membeli disertai pelayanan yang baik dan cepat melalui
komunikasi baik HP / CDMA, telepon, SMS, Chat, VoIP, dll
jika kontak yang tertera tidak dapat dihubungi, coba hubungi terus, jika tidak ada jawaban coba SMS dan jika dibalas
SMSnya, lalu coba telepon kembali (pembeli yang serius biasanya menelpon baik dari No. HP / CDMA maupun No. telepon)
Jika sulit sekali untuk dihubungi sebaiknya hindari, karena kesabaran juga ada batasnya. Penjual yang seperti itu tidak
pantas disebut penjual yang baik.
- Lihat berapa lama toko online tersebut berdiri, serta cek dan ricek nama baiknya, apakah pernah melakukan kasus penipuan online atau
tidak (cari di search engine mulai dari forum-forum, jejaring sosial, blog, website, dll yang membahas penipuan online)
- Lihat testimonial dari para customer potensial yang telah membeli disamakan dengan traffic pengunjung dan berapa lama
toko online tersebut berdiri
- Lihat seberapa sering update, juga lihat seberapa banyak iklan yang tersebar lalu samakan dengan data yang anda peroleh
karena pernah kejadian laporan penipuan di tempat kami dan kami cek dan ricek
1 orang memiliki 2 toko online berbeda tetapi data yang diberikan berbeda (baik foto pribadi bersama keluarga yang “sebenarnya”
ambil tanpa izin serta blur, foto rumah mewah blur, kantor blur semua tampak depan disertai alamat palsu semuanya berasal dari
sumber yang tidak jelas terlihat dan bahwa foto yang diambil dari kamera HP murahan, tampilan toko online sama dan biasa,
gaya bahasa dan penulisan serta tema sama, nama yang tidak lengkap dan berbeda, serta hanya menerima SMS, sebaiknya dihindari.
- Hindari toko online yang meminta bayaran cepat tanpa diberikan tenggang waktu pembayaran bagi customer.
- Lihat aktivitasnya di dunia internet, baik di forum-forum dan jejaring sosial sebagai dirinya sendiri
- Minta info kapan pengiriman paket dilakukan serta kapan paket tiba disertai bukti No. Resi pengiriman
yang bisa di cek secara online, penjual yang baik biasanya memberikan informasi pengiriman dan penerimaan serta
bukti No. Resi pengiriman tanpa diminta.
- Ikuti kata hati anda, jika anda merasa was-was / tidak yakin dengan pilihan anda sebaiknya jangan bertransaksi
JIKA ANDA PERNAH MEMPEROLEH PENGALAMAN BURUK DENGAN TOKO ONLINE, SILAHKAN MELAPORKANNYA DI GROUP INI:
http://www.facebook.com/pages/Polisi-Toko-OnLine-TM-Komunitas-OnLine-Store-Bersih-Facebook-/130454336996402?v=wall
Polisi Toko OnLine ™ │ Komunitas OnLine Store Bersih Facebook │
http://www.facebook.com/pages/Polisi-Toko-OnLine-TM-Komunitas-OnLine-Store-Bersih-Facebook-/130454336996402?v=wall
Tips-tips Menghindari Penipuan Online
Bagi Pembeli terhadap Penjual (Khusus Pembeli) :
- Lihat tampilan site apakah terlihat profesional, serius atau tidak
(terlepas dari hosting domain berbayar, parking DNS, hosting gratisan)
- Jika toko online berasal dari forum ataupun jejaring sosial, lihat hubungan CRM (Customer Relationship Managementnya) serta
terlepas dari hubungan CRM sebagai teman, sahabat sebenarnya (yang kenal dengan pemilik dari forum / jejaring sosial
seperti facebook, friendster, twitter, koprol, myspace, dll)
- kecepatan respon komunikasi serta feedback terhadap calon pembeli, pembeli dan pelanggan.
Dengan komunikasi yang baik dan cepat tanggap serta memberikan konsultasi dan solusi yang
terbaik dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sebelum membeli disertai pelayanan yang baik dan cepat melalui
komunikasi baik HP / CDMA, telepon, SMS, Chat, VoIP, dll
jika kontak yang tertera tidak dapat dihubungi, coba hubungi terus, jika tidak ada jawaban coba SMS dan jika dibalas
SMSnya, lalu coba telepon kembali (pembeli yang serius biasanya menelpon baik dari No. HP / CDMA maupun No. telepon)
Jika sulit sekali untuk dihubungi sebaiknya hindari, karena kesabaran juga ada batasnya. Penjual yang seperti itu tidak
pantas disebut penjual yang baik.
- Lihat berapa lama toko online tersebut berdiri, serta cek dan ricek nama baiknya, apakah pernah melakukan kasus penipuan online atau
tidak (cari di search engine mulai dari forum-forum, jejaring sosial, blog, website, dll yang membahas penipuan online)
- Lihat testimonial dari para customer potensial yang telah membeli disamakan dengan traffic pengunjung dan berapa lama
toko online tersebut berdiri
- Lihat seberapa sering update, juga lihat seberapa banyak iklan yang tersebar lalu samakan dengan data yang anda peroleh
karena pernah kejadian laporan penipuan di tempat kami dan kami cek dan ricek
1 orang memiliki 2 toko online berbeda tetapi data yang diberikan berbeda (baik foto pribadi bersama keluarga yang “sebenarnya”
ambil tanpa izin serta blur, foto rumah mewah blur, kantor blur semua tampak depan disertai alamat palsu semuanya berasal dari
sumber yang tidak jelas terlihat dan bahwa foto yang diambil dari kamera HP murahan, tampilan toko online sama dan biasa,
gaya bahasa dan penulisan serta tema sama, nama yang tidak lengkap dan berbeda, serta hanya menerima SMS, sebaiknya dihindari.
- Hindari toko online yang meminta bayaran cepat tanpa diberikan tenggang waktu pembayaran bagi customer.
- Lihat aktivitasnya di dunia internet, baik di forum-forum dan jejaring sosial sebagai dirinya sendiri
- Minta info kapan pengiriman paket dilakukan serta kapan paket tiba disertai bukti No. Resi pengiriman
yang bisa di cek secara online, penjual yang baik biasanya memberikan informasi pengiriman dan penerimaan serta
bukti No. Resi pengiriman tanpa diminta.
- Ikuti kata hati anda, jika anda merasa was-was / tidak yakin dengan pilihan anda sebaiknya jangan bertransaksi
JIKA ANDA PERNAH MEMPEROLEH PENGALAMAN BURUK DENGAN TOKO ONLINE, SILAHKAN MELAPORKANNYA DI GROUP INI:
http://www.facebook.com/pages/Polisi-Toko-OnLine-TM-Komunitas-OnLine-Store-Bersih-Facebook-/130454336996402?v=wall
Komentar
Posting Komentar
silhkan memberi kritik dan sarannya ya....
ini demi kemajuan blog kita bersama.