Takut Hantu?

Assalamu'alaikum wr wbPerlu dipahami bahwasanya kita mengenal wujud hantu dari orang ke orang bahkan ada juga yang divisualkan kedalam bentuk gambar ataupun film. Ataupun dahulu kita sering ditakut-takuti agar mematuhi larangan.

Walaupun keberadaanya tidak bisa dipastikan atau butuh kemampuan khusus, namun kita yakin bahwa memang ada sebagaimana dalam iman kita selain manusia di alam ini ada juga Jin yg mungkin dibalik penampakan atau yang disebut hantu. Walaupun berbagai bentuk ataupun penamaan berbeda-beda selayaknya hal-hal semacam ini tidak kita jadikan acuan/alasan untuk menjadikan kita takut atau bahkan dijadikan sarana pengekangan akan tindakan yang tidak terpuji. Terutama yang punya adik selayaknya jangan ditakut-takuti tapi sebisa mungkin berilah alasan yang mampu ia kenali agar mau mematuhi larangan.

Mengingat kita hidup dialam nyata (realita) maka akan lebih baik lagi jika cukuplah kita pahami betul apa yang ada dan sebagai sumber hujjah (alasan) untuk menolak pemikiran-pemikiran yang mencoba mempengaruhi keimanan kita pada Islam.

Kalau kita bisa pahami diri sendiri darimana kita kenal hantu tentunya secara psikis mampu mengenali mana halusinasi dan mana objek yg sesungguhnya. Yang mana ada sebagian orang yang tidak mempercayai Jin menganggap semua itu hanyalah proyeksi ketakutan saja. Dan disini saya pribadi tidak akan menghakimi mana yang benar dan salah, namun lebih menitik beratkan pengaruhnya. Berimplikasi baik atau burukah kepada diri kita selayaknya direnungkan.

Tips mengatasi takut hantu :

1. Yakin bahwa segala sesuatu tidak akan melebihi kekuasaanNYA dan hanya kepadaNYA kita berlindung memohon pertolongan. Dan hal ini bisa diperkuat dengan doa, sebagai sugesti ataupun pengingat bahkan sumber pemahaman dengan memahami doa yg kita panjatkan.

2. Takutlah kepada Alloh swt akan melanggar laranganNYA bukan hal-hal yang berbau klenik, karena point diatas tadi. Jika kita hanya takut kepadaNYA niscaya kita tidak akan takut pada selainNYA, namun bukan atas dasar permusuhan atau tantangan namun semata untuk meneguhkan pendirian sebagai tolak ukur keteguhan iman kita.

3. Apabila ada perasaan aneh pahami dari mana perasaan itu timbul dan bangkitkan kesadaran diri. Apabila lewat disuatu tempat yg dikenal angker bolehlah berhenti sejenah untuk memperhatikan objek2 yang kita takuti. Dan lawan ketakutan itu dengan keteguhan iman kita.

Demikian tips2 ini semoga dapat diaplikasikan dengan baik dan dipahami betul arah dan tujuannya.

Semoga bermanfaat.

Wa'alaikum salam wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian MUATABAH

Jaringan Penyokong

Anatomi Daun