Mengenal Komputer

Mengenal Komputer
Salam semangat 'jiwa muda' melanjutkan kajian sebelumnya tentang komputer agar lebih mengenal dan dapat mempergunakannya untuk manfaat.

Saya yakin adik-adik punya pandangan berbeda tentang komputer, mungkin masih ada yang beranggapan bahwa komputer identik dengan mesin ketik. Tapi dengan adanya internet pandangan ini sedikitnya telah berubah, bahwa komputer juga merupakan alat komunikasi karena dapat terhubung dengan pengguna komputer lainnya atau server untuk mengakses informasi ataupun tukar data. Tidak hanya sebatas itu saja komputer juga banyak membantu manusia dalam menangani pekerjaannya. Mungkin juga suatu saat adik-adik tidak mesti setiap hari beli buku catatan cukup menggunakan komputer.

Sebelum berinvestasi ke hal-hal lain, komputer bukan lagi barang mahal, selayaknya adik-adik memikirkan kebutuhan ini. Mungkin dengan jalan menabung ataupun meminta kepada orang tua, tentunya tidak dengan jalan memaksa. Dan fokuslah pada fungsi ... yach walaupun cuma PIII, tapi untuk sekedar cukup dan tahap pengenalan tidak harus yang canggih, karena nantinya juga akan ada lagi yg lebih canggih.

Dengan penggunaan langsung tentunya adik-adik jg lebih leluasa mengenal komputer daripada sebatas minjam ataupun nyewa/rental.

Coba kalau adik-adik punya anggaran, cukuplah beli netbook atau laptop second, tentunya cari kondisi yg bagus dan ada jaminan minimal service dari penjual atau lebih enak lagi jika mengenal si penjual.

Pada kajian telah lalu telah kakak perkenalkan mengenai aplikasi, sekarang kakak ingin mengenalkan menu-menu pada setiap program (aplikasi). Dengan pengenalan ini kakak mengharapkan adik-adik tidak terkecoh dengan banyaknya aplikasi atau harus belajar dari nol setiap menggunakan aplikasi baru, padahal jika kita jeli setiap program pada dasarnya sama hanya saja pengoperasiannya saja yang disesuikan dengan kebutuhannya. Yaitu kebutuhan yang disediakan program tersebut. Yang mana kesemuanya dimaksudkan untuk mempermudah penggunanya.

Applikasi pada dasarnya perintah-perintah yang dibalut suatu tampilan dan kombinasi perintah (bahasa pemrograman) yang nantinya diterjemahkan komputer untuk menghasilkan sesuai tujuan penggunaanya. Anggaplah kita beli kulkas pada dasarnya kulkas sama AC prinsip kerjanya sama hanya saja penggunaanya/peruntukannya yang berbeda. Sedangkan AC dengan mobil tentunya jauh berbeda dan mobil lebih rumit, AC hanya bagian daripada mobil. Begitu juga dengan aplikasi yang mana banyak aplikasi yang multifungsi artinya satu aplikasi didalamnya banyak peruntukannya. Namun sejauh ini masing-masing ada kelasnya. Sebutlah multimedia (hiburan), Internet, Office, Video Editing, dsb.

Untuk gambaran awal mari kita arahkan ke aplikasi office. Bayangkan apabila aplikasi itu adalah minimarket, apabila kita mengenali pengelompokan barang-barang yang dijual didalamnya kita tidak perlu terkecoh dengan tampilan baru karena perubahan tata letaknya. Yang mana kadang versi baru dengan tampilan baru buat orang yang tidak terbiasa mersa harus belajar lagi dari awal. Berarti ia belum dapat memetakan fungsi atau menu-menu yg disediakannya.

Dari menu pertama dari sebelah kiri adalah menu :
> File : Biasanya berisi pengelolaan data, membuka, membuat dokumen baru, menyimpan, mencetak data, menutup data, menutup aplikasi. Secara garis besar setiap program sama menggunakan kaidah ini.
> Edit : Berhubungan dengan perubahan; copy, paste, cut, seleksi data (select), pencarian dan perubahan (find & replace), dll.
> View : Berhubungan dengan tampilan (layout) aplikasi. Apabila ada tombol (biasanya mewakili menu juga atau shortcut agar lebih mudah untuk memanggil perintah) yang hilang dapat dicari pada menu ini.

Ketiga menu diatas adalah menu-menu yg selalu ada dan selebihnya adalah keunggulan atau perbedaan daripada program/aplikasi sesuai dengan penggunaannya. Walaupun penamaannya berbeda namun perinsipnya sama dengan sedikit bermodal bahasa Inggris tentu adik-adik dapat menebaknya.

Kakak sering ditanya 'kamu jago bahasa inggris yach? kok jago komputer." Kakak tentunya senyum saja, yang kita butuhkan adalah kecerdasan emosi untuk mengelompokannya. Sehingga program apapun niscaya tidak sulit kita taklukan dan tak perlu bermodalkan bahasa inggris. Namun pesan kakak biasakan menggunakan perangkat apapun dengan bahasa inggris, baik hp, facebook, agar kita lebih akrab.

Pengenalan kakak ini tidak menyeluruh namun, penggugah saja selebihnya dipraktekan, yaitu bagamaimana membuat gambaran global tentang program yang kita hadapi. Lalu lihat perbedaanya dengan program lainnya. Dengan banyaknya kesamaan dan kita mengacu pada kesamaan itu maka yang ada kita bingung tapi dengan mengenali perbedaan itu secara otomatis presamaanya dapat kita kenali. Namun jangan lupa awal perkenalan kita pada kesamaan namun dikelompokan. Kesamaan itu adalah prinsip kerjanya.

Sekarang kita kenali bagaimana berhubungan dengan komputer, yaitu kenali inputnya, tidak lain yang utama adalah keyboard dan mouse.

>Keyboard
Pada setiap menu dapat dipanggil dengan kombinasi perintah keyboard. Biasanya kombinasi antara control (ctrl) dengan karakter huruf/tombol keyboard tertentu; pada sistem operasi Windows dan Linux. Sedangkan pada Apple dengan Qoment, berbeda penggunaan bahasa saja.

>Mouse
Penggunaan mouse lebih leluasa namun pada situasi tertentu jika kita ingin cepat penggunaan keyboard lebih memungkinkan. Namun disisi lain juga diciptakan kemudahan yaitu dengan membuat tombol (shortcut) dengan menggunakan simbol yang mudah dikenali. Misalnya cut dengan simbol gunting. Ada baiknya sebelum mengenali simbol kenali dulu menunya lalu cari perwakilannya pada tombol/simbol yang tesedia, jadi suatu waktu simbol tidak terlihat kita mudah mencari atau memanggilnya.

Silahkan adik-adik praktikan. Sedikit kakak berpesan bahwa agama pada dasarnya sama yaitu dengan menjalaninya, dengan menjalankan kita dapat memahami kehususnya dengan aturan-aturan mana yang Alloh swt perintahkan dan mana yang DIA larang. Dari pengalaman itulah kita dapat menerangkan, merasakan, membenarkan dan terus membutuhkan.

Bahwasannya agama sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan/amalan. Dan sangat berguna implikasinya bagi kehidupan kita. Tidak ada keinginan lain apabila kakak boleh berkeinginan kepada adik-adik, suatu saat nanti kakak mengharapkan adik-adik turut berjuang memberikan informasi yang benar sesuai dengan ajaran Islam dan sesuai apa yang adik-adik rasakan/benarkan dengan menjalankan Islam. Diluar sana bayak orang pintar ngomong atau berkomentar tapi menjalankan saja tidak (munafik). Maka tidak heran muslim terpecah belah tidak saling memperkokoh. Namun perlu dipahami juga Islam yang bersumber pada satu Nabi, satu Kitab, satu Tuhan saja banyak perselisihan maka umat lain lebih banyak lagi jika kita memahaminya.

Mari kita perkuat ukhuwah dengan saling memberikan manfaat dengan sebaik-baik manfaat sama-sama menjadikan Alloh swt orientasi (arah dan tujuah hidup).

[61.2] Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?
[61.3] Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.
[61.4] Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian MUATABAH

Jaringan Penyokong

Anatomi Daun